Senin, 19 Desember 2011

Perbedaan Uang Kartal dan Uang Giral

Perbedaan Uang Kartal dan Uang Giral - Uang Kartal adalah alat bayar yang sah dan wajib diterima oleh masyarakat dalam melakukan transaksi jual beli sehari-hari. Dan uang Giral adalah tagihan yang ada di bank umum, yang dapat digunakan sewaktu-waktu sebagai alat pembayaran. Bentuk uang giral dapat berupa cek, giro, atau telegrafic transfer.


Uang Kartal
Kita bahas satu per satu Uang Kartal ada 2 jenis yaitu uang logam dan unag kertas.Uang logam biasanya terbuat dari emas atau perak karena emas dan perak memenuhi syarat-syarat uang yang efesien. Tapi pada zaman sekarang, uang logam tidak dinilai dari berat emasnya tapi dari nilai nominalnya. Sedangkan uang kertas adalah uang dalam bentuk lembaran yang terbuat dari bahan kertas dengan gambar dan cap tertentu dan merupakan alat pembayaran yang sah.

Uang Giral
Uang giral seperti yang sudah kita jelaskan diatas menegenai pengertiannya, sekarang kita bahas mengenai keuntungan menggunakan uang giral. Adapun keuntungan menggunakan uang giral diantaranya memudahkan pembayaran karena tidak perlu menghitung uang, alat pembayaran yang dapat diterima untuk jumlah yang tidak terbatas, lebih aman karena risiko uang hilang lebih kecil dan bila hilang bisa segera dilapokan ke bank yang mengeluarkan cek atau bilyet giro dengan cara pemblokiran.

Nah kita sudah belajar membedakan antara uang kartal dan uang giral semoga tulisan yang singkat ini bisa kita jadikan informasi yang berharga.

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. Mendung Panas - All Rights Reserved Mendung Panas by Mendung Panas