Minggu, 13 Mei 2012

Efek Samping Operasi Caesar

Efek Samping Operasi Caesar. Bedah sesar (bahasa Inggris: caesarean section atau cesarean section dalam Inggris-Amerika), disebut juga dengan seksio sesarea (disingkat dengan sc) adalah proses persalinan dengan melalui pembedahan dimana irisan dilakukan di perut ibu (laparatomi) dan rahim (histerotomi) untuk mengeluarkan bayi. 

Bedah caesar umumnya dilakukan ketika proses persalinan normal melalui vagina tidak memungkinkan karena berisiko kepada komplikasi medis lainnya. Sebuah prosedur persalinan dengan pembedahan umumnya dilakukan oleh tim dokter yang beranggotakan spesialis kandungan, anak, anastesi serta bidan.
  Efek Samping Operasi Caesar

NYERI DI BEKAS SAYATAN 
Pascaoperasi, saat efek snestesi hilang, nyeri di bekas sayatan bedah akan terasa. Ibu melahirkan normal, setelah istirahat 6 jam, paling-paling akan merasa letih atau pegal-pegal. Rasa letih ini lekas hilang jika ibu banyak bergerak.

RASA KEBAL DI BEKAS SAYATAN 
 Keluhan lain sehabis operasi sesar adalah rasa kebal di bagian atas bekas sayatan operasi. Ini wajar karena saraf di daerah tersebut boleh jadi ada yang terputus akibat sayatan saat operasi. Butuh waktu kira-kira 6-12 bulan, sampai serabut saraf tersebut menyambung kembali. Pada persalinan normal, putus saraf di perut dipastikan tidak ada. 

NYERI DI BEKAS JAHITAN 
Keluhan ini sebenarnya wajar karena tubuh tengah mengalami luka dan penyembuhannya tidak bisa 100%. Apalagi jika luka tersebut tergolong panjang dan dalam. Dalam operasi sesar ada 7 lapisan perut yang harus disayat. Sementara saat proses penutupan luka, 7 lapisan tersebut dijahit satu per satu menggunakan beberapa macam benang jahit. 

MUAL MUNTAH 
Rasa mual muntah yang umumnya timbul akibat sisa-sisa anestesi pada diri ibu. Efek seperti ini, tidak ditemukan pada ibu bersalin normal. Yang ibu rasakan hanyalah perasaan letih, lapar dan haus. 

MUNCUL KELOID DI BEKAS JAHITAN 
Selama masa penyembuhan luka operasi, banyak ibu yang gundah karena perutnya tak lagi mulus. Apalagi di bekas jahitan muncul benjolan memanjang yang di sebut keloid. Munculnya keloid pada bekas sayatan operasi sesar biasanya disebabkan oleh paparan cairan ketuban ynag mengandung faktor pertumbuhan sel, jenis benang yang dipakai, teknik menjahit, serta bakat seseorang dalam reaksi jaringan. Pada ibu yang bersalin normal, mendambakan perut yang tetap mulus seperti saat gadis bukanlah masalah berarti. 
 
GATAL DI BEKAS JAHITAN 
Rasa gatal di bekas jahitan sangat mengganggu dan mendorong ibu menggaruknya. Sedihnya, tidak disarankan bagi ibu untuk menggaruk karena dikhawatirkan jahitan akan terbuka dan menimbulkan dampak lebih parah. Rasa gatal bisa timbul akibat adanya infeksi pada daerah luka operasi seperti infeksi jamur atau karena reaksi penyembuhan luka yang berlabihan.

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. Mendung Panas - All Rights Reserved Mendung Panas by Mendung Panas